28.7.10

Kamus Multi Bahasa Stardict for Windows


Jaman sekarang sudah tidak jamannya lagi membawa kamus kemana – mana selain ukurannya yang besar kalau dimasukkan kedalam tas juga rada berat membawanya, masih untung kalau yang dibawa hanya satu jenis kamus saja, kalau sampai 3 jenis kamus gimana (English – Indonesia, Indonesia – English, Kamus Besar Bahasa Indonesia), bbrrrrrr kebayang gak sih bawa tiga kamus itu petantang petenteng kemana – mana hehe (bahasa mana ya “petantang petenteng”???!!! xixixixixi). Nah karena jaman sekarang semakin maju dan pengguna notebook juga sudah semakin banyak akhirnya kamus elektronik pun bermunculan, pastinya yang banyak diminati yang gratisan doonnggg.
:ayuk:
Tapi kebanyakan kamus elektronik yang beredar hanya menyediakan 2 jenis kamus misalnya Indonesia – English dan sebaliknya yaitu English – Indonesia. Pernah gak berpikiran satu aplikasi kamus tapi langsung bisa mentranslate ke berbagai bahasa??!!!. Contohnya kita masukkan input kata yang ingin di translate yaitu “kami” nah si kamus itu langsung mentranslate ke bahasa inggris dan bisa juga langsung mentranslate dengan Kamus besar Bahasa Indonesia, gimana gan??!! mau???. Oke deh gak pake basa basi nama kamusnya stardict sebuah kamus multi bahasa kalau mau langsung download saja installernya disini.


kalau sudah selesai download langsung saja ekstrak dan install gak pake lama. EEEiiiitttzzzzz tunggu dulu kalau installnya sudah complete stardict masih belum bisa di gunakan, kalau tidak percaya ya coba saja buka program stardicnya dan langsung ketik kata yang ingin di translate, nah loe gak bisa kan??hehe

Stardict memerlukan sebuah database yang harus di input agar stardic bisa di gunakan. Dari sinilah stardict dapat langsung mentranslate ke berbagai bahasa, tenang saja disini sudah disediakan link untuk download database stardict tinggal klik aja link di bawah ini

Indonesia – English
English – Indonesia
Kamus Besar Bahasa Indonesia

Setelah selesai mendownload database diatas langsung ekstrak dan pindahkan semua file (quick_indonesian-english.dict.dz, quick_indonesian-english.idx, quick_indonesian-english.ifo) ke C:\Program Files\StarDict\dic. Begitu juga untuk database lainnya. Jika sudah restart computer anda dan stardict siap di gunakan.
:nggaya:

Lebih banyak database klik disini

4 comments: